Jutaan Muslim Berkumpul di Padang Arafah

Gunung Arafah (AFP/ANTARA) - Sejumlah besar umat Muslim yang berpakaian putih sejak Kamis pagi berbondong-bondong menuju Gunung Arafah di bagian barat Arab Saudi, untuk ikut serta dalam ritual-ritual utama dari Ibadah Haji tahunan tersebut.

Banyak jemaat yang berkemah sejak malam di dataran luas mengelilingi Gunung Arafah, namun sebagian besar mulai tiba saat fajar.

Pria, wanita, dan anak-anak dari 189 negara berbondong-bondong ke situs tersebut, beberapa mendirikan tenda-tenda kecil berwarna-warni tempat mereka tidur dan berdoa.

Para pengemis dan pedagang kaki lima juga berbaris di jalanan mencari orang-orang murah hati di antara 2,5 juta orang yang diperkirakan akan berkumpul di dataran tersebut pada siang hari.

“Kami datang dari Mekkah. Kami berjalan dari Masjidil Haram menuju Mina dan kemudian kami naik bus menuju Arafah. Semua untuk kecintaan kepada Nabi,” ujar salah seorang pria Mesir yang duduk di atas sebuah tikar jerami bersama anggota keluarganya.

“Semakin lelah yang kita dapatkan, semakin Tuhan akan membalas kita,” katanya.

Setelah salat subuh, para jemaat pergi menuju bukit kecil di padang Arafah saat yang lainnya membuat diri mereka nyaman duduk di tengah batuan besar itu. Banyak yang berdoa, air mata mengalir di wajah mereka.

Ini adalah kaki bukit tempat Nabi Muhammad diyakini telah menyampaikan khotbah terakhirnya sebelum ia meninggal.

Read more ...

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Blog Archive